Sebagai suporter sejati klub sepakbola Liverpool FC tak lengkap rasanya jika tidak menulis mengenainya.

Liverpool Football Club (dari namanya aja udah keren), didirikan pada tanggal 15 Maret 1892 sebagai "buah" perseteruan antara Komite Everton FC (klub yang juga berbasis di kota Liverpool) dengan John Holding sebagai Presiden Klub yang juga pemilik stadion Anfield. Sebelumnya pada tahun 1891 John Houlding, sebagai penyewa dari Stadion Anfield, membeli tanah tersebut secara langsung dan mengusulkan meningkatkan harga sewa dari £ 100 sampai £ 250 per tahun. Everton, yang telah bermain di Anfield selama tujuh tahun, menolaknya dan terjadi perseteruan. Akibat dari perseteruan itu, Everton akhirnya pindah ke stadion Goodison Park dan John Holding menjadikan stadion Anfield sebagai kandang Liverpool sampai sekarang. Klub sempat diberi nama Everton FC and Athletic Grounds, Ltd., atau diringkas Everton Athletic, namun Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA)menolak mengakui ada dua tim bernama Everton. Pada bulan Juni 1892, John Houlding akhirnya memilih nama Liverpool FC sebagai nama baru, dan Liverpool langsung menjelma menjadi kekuatan di kompetisi sepak bola Inggris.

Tim pertama Liverpool FC di musim 1892-1893
Mengawali debutnya sebagai klub sepak bola profesional Liverpool bermain di Liga Lancashire dan berhasil menjadi juara sebelum akhirnya bergabung dengan Divisi II Liga Inggris (sekarang bernama Football League Championship) pada musim 1893-94. Pada musim pertamanya di Divisi II, Liverpool langsung kembali  menjadi juara dan berhak untuk promosi ke Divisi I (sekarang bernama Liga Primer Inggris). Liverpool lagi-lagi tidak menunggu lama untuk menjadi juara liga tertinggi di Inggris, karena pada musim pertamanya di Divisi I ini (1900-01), Liverpool sukses menjuarai Divisi I (keren nggak tuh).


Kostum tanding Liverpool pertama kali bukanlah merah-merah seperti sekarang ini,  melainkan menggunakan warna kebesaran Everton biru-putih. Seragam mereka hampir identik dengan kostum Everton pada masa itu.

Kostum tanding Liverpool di musim 1892-1893
Namun pada tahun 1894, Liverpool memilih warna merah sebagai warna kebesaran mereka. Selama 60 tahun Liverpool menggunakan seragam merah dengan celana putih hingga pada tahun 1964 Bill Shankly(pelatih legendaris Liverpool) memutuskan untuk mengirim tim ke lapangan menggunakan seragam yang serba merah untuk pertama kali melawan Anderlecht. Seperti yang diceritakan kembali oleh Ian St. John(pemain Liverpool di era itu) pada autobiografinya :

Quote:
"Beliau menganggap bahwa skema warna akan memberi dampak psikologis- merah untuk bahaya, merah untuk kekuatan. Suatu hari dia datang ke kamar ganti dan melemparkan sepasang celana pendek merah kepada Ronnie Yeats(pemain liverpool). “Pakailah celana itu, dan mari kita lihat seperti apa kau terlihat, ”dia berkata. “Oh Tuhan, Ronnie, kau terlihat sangat mengerikan. Kau terlihat mempunyai tinggi 7kaki.”” Kenapa tidak kita teruskan saja semua, bos?”aku menyarankan.” Kenapa tidak berkaus kaki merah? Ayo kita keluar dengan semua merah.” Shankly pun menyetujui dan seragam itupun menjadi ikon Liverpool hingga saat ini

1965 Liverpool resmi menggunakan MERAH-MERAH sebagai kostum utama mereka
Sekian dulu sejarah tim terhebat di dunia(versi saya), mungkin akan saya lanjutkan di posting selanjutnya. Amiiin