Hai, saya mau bagi info nih tentang "Catfiz", mesengger asli buatan anak negeri.

Sejak maraknya smartphone, chatting menjadi suatu kegiatan yang nge-trend dimasyarakat. Dengan bermodal akses internet, pengguna smartphone dapat saling mengirim pesan layaknya sms. Namun aplikasi chatting biasanya dibuat lebih atraktif dibandingkan sms dengan adanya emoticon atau gambar yang berekspresi.

Dewasa ini telah banyak layanan instant messaging  yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari layanan yang multiplatform seperti Whatsapp, Line dan Yahoo! Messenger, hingga eksklusif untuk platform tertentu seperti Blackberry Messengger (BBM).

Pengembang dari Indonesia pun tidak mau kalah dalam menciptakan aplikasi messaging. Salah satu aplikasi messaging buatan Indonesia yang mencuri perhatian adalah Catfiz. Aplikasi yang diciptakan oleh pengembang yang berpusat di Surabaya ini di desain khusus untuk ponsel Android. Sejak diluncurkan pertama kali pada 28 Oktober 2011, aplikasi ini dipasarkan dengan cara yang kurang lazim dilakukan oleh pengembang-pengembang aplikasi Android lainnya. Mereka tidak menggunakan Android Market yang sebenarnya adalah pusat peredaran aplikasi aplikasi Android melainkan menggunakan website pribadinya sebagai lokasi pengunduhan.

 Namun setelah berjalan lebih dari satu tahun tepatnya pada tanggal 10 November 2012, akhirnya Catfiz meluncurkan aplikasinya melalui Google Play atau Play Store. Peluncuran Catfiz di Google Play juga merupakan awal peluncuran Catfiz release 1.0.0 setelah selama satu tahun diluncurkan hanya dipromosikan dengan bantuan media sosial, mulut ke mulut, dan komunitas ke komunitas lainnya. Banyak perkembangan mulai dari versi alfa, beta, release candidat sampai dengan release resmi 1.0.0 ini, mulai dari GUI, Content, maupun dari segi peningkatan server.

Keunikan dari Catfiz adalah aplikasi messenger ini tidak menggunakan nomor ponsel sebagai kode identifikasinya seperti Whatsapp dan Line melainkan menggunakan kode identifikasi khusus yang mereka namakan NIC. Kode identifikasi ini hampir sama dengan PIN dalam BBM, namun Catfiz memiliki kelebihan yaitu pengguna dapat memohon untuk mengganti NIC mereka dengan kode yang lebih mudah dihafal dan diingat.

Fitur yang disediakan Catfiz selain messagging sendiri antara lain yaitu mengirim file, foto, kontak, hingga suara. Catfiz juga mengadopsi cara menarik perhatian dalam BBM yaitu Ping namun dengan istilah yang berbeda yaitu Blitz. Selain itu Catfiz juga mampu melakukan Broadcast Message layaknya BBM.

Ini lho tampilannya
Pengambilan nama Catfiz sendiri pun menjadi suatu yang unik. Catfiz merupakan plesetan dari ‘catfish’ atau ‘lele’ dalam bahasa inggris. Harapan pengembang mengambil nama tersebut adalah aplikasi tersebut dapat survive dan menyatukan para pengguna ponsel Android di Indonesia sepert lele yang mudah dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi di semua tempat di Indonesia.

Nih webisite resminya www.catfiz.com